Mengenai Disk




BERIKUT PENJELASAN DAN CARA KERJA:
  • HARDDISK
  • FLOPPY DISK (atau yang sering disebut "Disket")
  • CD ROM

APA ITU HARDDISK? GIMANA SIH CARA KERJANYA?


Gambar Harddisk

Harddisk adalah salah satu komponen terpenting di komputer, untuk itu anda harus dapat mengenal tipe hardisk yang sesuai dengan kondisi komputer anda.
Harddisk disini mempunyai peranan yang cukup penting dalam komputer. Karena merupakan media penyimpanan dari Operating System dari komputer. Seperti Windows maupun Linux. Cobalah Anda bayangkan kalau seandainya tidak ada Hardisk??? Pasti komputer Anda tidak dapat bekerja bukan…


Cara Kerja Harddisk


Bagian-bagian dalam Harddisk
  • pada saat berhenti head berada diatas piringan hard disk.
  • pada saat diaktifkan piringan hard disk berputar di spindel.Perputaran yang standar ialah 5200rpm-10000rpm,sedangkan yang khusus 7200-1500rpm.
  • pada saaat berputar sangat cepat head mengembang pada piringan hard disk sedangkan head bergerak ke kiri ke kanan.
  • pada saat mengembang itu baru head melakukan pembacaan dan menulis.
  • motor spindel berputar berlawanan dengan arah jarum jam.
  • karena perputaran sangat cepat akan mengakibatkan gaya permukaan sehingga head mengambang pada pletter.
  • pada saat komputer/hard disk dimatikan membuat head mendarat /berhenti pada tempat tertentu,disebut landing zone.


APA ITU FLOPPY DISK? GIMANA YA CARA KERJANYA?

Floppy Disk
Driver Floppy Disk

Floppy disk atau Disket adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Sekarang sudah banyak bermunculan media penyimpanan yang lebih maju dari floppy disk, seperti : CD-R, CD-RW, Flash Disk, dan Zip drive. Walaupun sudah banyak media penyimpanan yang lain, floppy disk masih tetap bertahan.

CARA KERJA FLOPPY DISK (DISKET)

https://onlysigit.files.wordpress.com/2012/10/floopy-32.jpg
  • Program komputer akan meneruskan instruksi ke hardware komputer untuk menulis data pada floppy disk.
  • Kemudian, hardware komputer dan kontroller dari disket akan menyalakan Motor pada disket untuk memutar floppy disk. Disk yang ada di disket berbentuk bundar dan terdiri dari segmen-segmen kecil yang dinamakan sector.
  • Motor yang kedua, yang dinamakan stepper motor yang berfungsi untuk menempatkan heads ke track selanjutnya. Proses ini biasanya terjadi pada saat heads berada di track sebelumnya dan ingin mengakses track lainnya. Waktu dari track sebelumnya ke track setelahnya dinamakan "access time". 
  • Head dari read/write akan berhenti pada track. Head dari read akan mengecek apakah track tersebut  memiliki data atau tidak.
  • Sebelum data dari program ditulis pada disket, sebuah erase coil akan membersihkan sector tersebut. Ukuran dari head pada write lebih besar daripada sector yang akan ditulis datanya.
  • Head dari write yang telah diberikan energi akan menaruh data pada disket dengan cara memberikan magnet pada permukaan media recording (perekaman).
  • Disket akan berhenti berputar. Disket sekarang akan menunggu perintah selanjutnya dari komputer.

APA ITU CD ROM? GIMANA SIH CARA KERJANYA?

Keping CD-ROM

Driver untuk menjalankan keping CD

CD-ROM  merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai  700MB atau 700 juta bita CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja.

CARA KERJA CD ROM DRIVE




(Cara kerjanya sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil).
Berikut penjelasan lengkap:
  1. Dilakukan pengaksesan terhadap keping CD untuk melihat dan menentukan di lokasi penyimpanan informasi yang  dibutuhkan.
  2. Cd-ROM drive akan bekerja dan memberikan informasi di mana data/informasi yang dibutuhkan tersedia.
  3. Ketika informasi ditemukan, akan ada permintaan supaya mengirimkan informasi tersebut melalui interface  untuk memberikan alamat yang tepat (sektor berapa, track berapa, silinder mana) dan setelah itu informasi/data pada sector tersebut siap dibaca.
  4. Pengendali program yang ada pada cdrom drive akan mengecek untuk memastikan apakah informasi yang diminta sudah tersedia pada internal buffer yang dimiliki oleh CD ROM  drive.
  5. Kemudian pengendali ini akan menyuplai informasi tersebut secara langsung, tanpa harus melihat lagi ke permukaan pelat itu karena seluruh informasi yang dibutuhkan sudah dihidangkan di dalam buffer.
  6. Dalam banyak kejadian, CD ROM drive pada umumnya tetap berputar ketika proses di atas berlangsung. Namun ada kalanya juga tidak, lantaran manajemen power pada CD ROM drive memerintahkan kepada disk untuk tidak berputar dalam rangka penghematan energi. Papan pengendali yang ada di dalam CD ROM drive menerjemahkan instruksi tentang alamat data yang diminta dan selama proses itu berlangsung, ia akan senantiasa siaga untuk memastikan pada silinder dan track mana informasi yang dibutuhkan itu tersimpan.
  7. Papan pengendali ini juga kemudian meminta actuator untuk menggerakkan head menuju ke lokasi yang dimaksud. Ketika head sudah berada pada lokasi yang tepat, pengendali akan mengaktifkan head tersebut untuk melakukan proses pembacaan. Mulailah head membaca track demi track untuk mencari sektor yang diminta. Proses inilah yang memakan waktu, sampai kemudian head menemukan sektor yang tepat dan kemudian siap membacakan data/informasi yang terkandung di dalamnya.
  8. Papan pengendali akan mengkoordinasikan aliran informasi dari cdrom drive menuju ke ruang simpan sementara (buffer, cache). Informasi ini kemudian dikirimkan melalui interface cdrom drive menuju sistem memori utama untuk kemudian dieksekusi sesuai dengan aplikasi atau perintah yang kita jalankan.

Related Posts:

0 Response to "Mengenai Disk"

Posting Komentar

Gambar tema oleh sndr. Diberdayakan oleh Blogger.

The Memorize

The Memorize
keluarga besar SMAN 3 Bengkalis, kelas 3 ipa 2

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *