Mengenai Printer

BERIKUT PENJELASAN DAN CARA KERJA:

  • PRINTER DOT MATRIX
  • PRINTER INK JET
  • PRINTER LASER JET
APA ITU PRINTER DOT MATRIX? CARA KERJANYA?

300px-Epson_MX-80.jpg (300×169)


Printer Dot Matrix adalah suatu jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Printer Dot-matrix ini terutama dibutuhkan oleh bidang usaha yang membutuhkan pencetakan rangkap, tidak hanya bukti transaksi, tetapi juga laporan-laporan yang harus dicetak rangkap.

PRINSIP KERJA DOT MATRIX

dot+matrix.bmp (224×174)


ini cetakkannya dihasilkan dari beberapa jarum atau pin kecil, yang dibariskan dalam suatu kolom, membentur suatu pita tinta dan memposisikan antara pin dan kertas, menciptakan titik pada kertas tersebut. Karakter disusun atas pola titik-titik dengan menggerakkan printhead secara menyamping ke seberang halaman dalam kenaikan yang sangat kecil.


Pin atau jarum, terdapat di printhead tersebut, dengan panjang kira2 sekitar satu inci dan dikemudikan oleh beberapa pendorong memaksa masing2 jarum menitik/menjepit pita tinta dan menutupi kertas pada suatu waktu tertentu. Kekuatan pada pendorong ini datang dari tarikan yang magnetis dari gelang kawat kecil (solenoid) yang diberi tenaga pada situasi tertentu, tergantung pada karakter yang akan dicetak dan pemilihan waktu isyarat mengirim kepada solenoid diprogramkan ke dalam printer tersebut untuk masing2 karakter, dan menterjemahkan dari informasi yang dikirim oleh komputer karakter yang mana yang akan dicetak.



APA ITU PRINTER INK JET? GIMANA YA CARA KERJANYA?

printer-epson-photo-r300.jpg (401×376)
teknologi printer dimana tinta cair dicetakkan ke kertas dengan cara ditembakkan oleh alat pada printer inkjet. Ditinjau dari segi warna, printer juga ada dua macam, yakni printer hitam putih dan printer warna. Printer hitam putih umumnya memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan printer warna. Printer hitam putih ini merupakan pilihan yang tepat untuk pekerjaan kantoran seperti mencetak dokumen-dokumen hitam putih.

CARA KERJA INK JET

  1. Aplikasi perangkat lunak yang digunakan mengirimkan data yang akan dicetak ke printer driver.
  2. Driver menerjemahkan data yang dikirimkan menjadi data yang dapat dimengerti oleh printer dan memeriksa apakah printer siap untuk melakukan pencetakan.
  3. Data kemudian dikirimkan oleh driver dari komputer ke printer dengan menggunakan antarmuka koneksi paralel/USB.
  4. Printer menerima data dari komputer dan sejumlah data disimpan dalam Buffer. Buffer dapat berukuran dari 512 KB RAM hingga 16 MB RAM bergantung pada modelnya. Buffer sangat berguna karena mengijinkan komputer melakukan pencetakan dengan cepat daripada harus menunggu halaman yang sebenarnya untuk dicetak.
  5. Jika printer dalam status idle dalam waktu yang lama, biasanya akan dilakukan proses pembersihan head print terlebih dahulu. Setelah pembersihan selesai, printer siap untuk mencetak.
  6. Circuit Control mengaktifkan feed motor stepper untuk mengambil kertas. Motor ini mengaktifkan roll dan mengambil kerta yang ada pada tray kertas. Ada mekanisme kecil yang melakukan pengecekan pada tray kertas. Jika ada kertas yang terdeteksi, maka pencetakan dilakukan. Tapi jika tidak terdeteksi adanya kertas, LED pada printer akan menyala dan printer mengirim alert Printer is out of paper pada komputer.
  7. Setelah kertas dimasukkan, print head menggunakan belt untuk berpindah posisi mengitari kertas. Motor berhenti setiap sepersekian detik memberi waktu pada print head untuk menyemprotkan titik-titik tinta pada kertas sebelum kembali bergerak. Pergerakan ini terjadi begitu cepat sehingga terlihat seperti kontinyu.
  8. Beberapa titik dibuat dalam sekali semprot. Head print menyemprotkan warna CMYK dalam nilai yang tepat sehingga didapat warna yang diinginkan.
  9. Setelah mencapai batas sisi kertas, print head kembali ke sisi awal kertas (atau pada beberapa printer print head berputar/berbalik) dan kembali mencetak.
  10. Proses diatas berulang hingga tercetak satu halaman penuh. Waktu yang digunakan untuk mencetak satu halamann juga bervariasi, bergantung pada kompleksitas halaman ataupun gambar yang dicetak.
  11. Setelah pencetakan selesai, head print diposisikan disisi lain diluar area kertas. Feed motor stepper kemudian mendorong kertas hingga kembali ke tray dan pencetakan selesai. Saat ini, kebanyakan printer sudah menggunakan tinta yang cepat kering sehingga dokumen hasil cetak dapat langsung digunakan tanpa harus menunggu smudging terlebih dahulu.

74066-004-DDBF4DD5.jpg (600×400)



APA ITU PRINTER LASER? SEPERTI APA PRINSIPNYA?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRVMZA7lA2hP31Yz92jnLKBHs7n4Z7wDSfPy-XlfZ-wZqJjvl2YSunqHBhdWkuMtjwZaUoZuDkmEuj-AeKMJB39nDy3tm0mgCoxn4TX5KKOurDDPjxX2biwrZSr2EE5Px5P33eHkyYV3I/s1600/HP_LaserJet_P1006_Printer.jpg

Printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

CARA KERJA PRINTER LASER

laser-printer-laser.jpg (400×260)

Biasanya toner untuk printer laser berwarna hitam. Namun pada printer laser berwarna, di samping toner berwarna hitam, ada pula toner berwarna lain seperti biru, merah dan kuning. Proses peletakan serbuk di photoreceptor berjalan 4 kali, sesuai dengan jumlah toner. Setelah itu baru serbuk-serbuk tersebut ditarik oleh kertas.
Beberapa printer laser berwarna kelas high-end bahkan memiliki 4 buah photoreceptor untuk 4 warna. Kertas dilewatkan pada 4 photoreceptor ini untuk menarik serbuk-serbuk dengan warna yang berbeda. Setelah itu baru dilewatkan pada fuser untuk proses perekatan.
Hal ini berbeda dengan printer inkjet (printer tinta) yang sekaligus menyemprotkan beberapa warna sekaligus pada kertas, tergantung pada kombinasi warna yang digunakan.
Muatan pola pada photoreceptor pada artikel ini adalah muatan negatif. Sedangkan muatan serbuk adalah positif. Pada printer laser, muatan antara keduanya bisa saling bertukar, namun tetap dengan pola kerja yang sama. Yang penting adalah muatan antara keduanya berbeda.
Demikian setelah seluruh serbuk menyatu dengan serat kertas, proses mencetak selesai. Keseluruhan proses itu sendiri berlangsung dengan kecepatan yang sangat tinggi karena laser itu sendiri memiliki kecepatan tiada tara.

Related Posts:

0 Response to "Mengenai Printer"

Posting Komentar

Gambar tema oleh sndr. Diberdayakan oleh Blogger.

The Memorize

The Memorize
keluarga besar SMAN 3 Bengkalis, kelas 3 ipa 2

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *